.

Minggu, 28 Februari 2016

TEKS PROSEDUR KOMPLEKS


Mengatasi Pergaulan Remaja

            Remaja merupakan masa transisi dari anak-anak menuju dewassa. Para remaja memiliki emosi yang labil. Masa remaja kadang mengubah sifat seseorang dari baik menjadi buruk atau sebaliknya tergantung dari teman dan pergaulannya.
Dunia remaja Indonesia di era modern ini sangat memprihatinkan. Banyak anak yang sudah mengenal rokok, minuman keras, dan seks bebas. Apakah wajar jika remaja bertindak seperti itu? Tentulah tidak! Mereka masih harus menempuh pendidikan sebagai generasi penerus bangsa. Lalu, bagaimana dengan masa depan mereka? Apakah mereka peduli? Bahkan mereka tetap melakukannya. Masa depan mereka akan hancur. Oleh karena itu, berikut beberapa cara mengatasi pergaulan remaja tersebut.
1.      Memilih teman bergaul.
Biasanya pengaruh dari teman itu muncul karena kita terbawa oleh kebiasaan yang dilakukan oleh teman kita. Maka kita harus benar-benar selektif dalam memilih teman. Jangan sampai kita terjerumus dalam pergaulan bebas hanya karena salah memilih teman.
2.      Jagalah hubungan yang baik denga orang tua.
Banyak remaja yang suka menentang orang tua hanya karena dinasihati. Orang tua tentu sangat berpengaruh pada pembentukan karakter anak.
3.      Perlunya pembelajaran agama yang dilakukan sejak dini. Seperti beribadah dan mengunjungi tempat ibadah sesuai dengan kepercayaannya.
4.      Perlunya pengawasan orang tua terhadap media komunikasi seperti TV, internet, handphone, dll. Di era modern ini sangat berpengaruh. Terutama media sosial, banyak tontonan yang tidak seharusnya dilihat oleh anak remaja dibawah umur.

1 komentar: